Taman bacaan masyarakat (TBM) merupakan sebuah wadah yang bertujuan untuk memberikan layanan bahan bacaan bagi masyarakat dalam rangka mendorong dan menumbuh kem- bangkan masyarakat gemar membaca dan belajar sepanjang hayat guna mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan budi pekerti melalui budaya literasi. TBM termasuk salah satu program pemerintah di bidang pendidikan yang ditangani oleh Ditjen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) agar dapat menunjang program penuntasan buta aksara dan program pendidikan untuk seluruh masyarakat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Taman baca masyara- kat (TBM) Ilham adalah se- buah taman bacaan yang memadukan konsep ber- basis pendidikan dengan lingkungan. TBM Ilham ber- naung di bawah Yayasan Ilham Hasibuan Jambi yang beralamat di The Kenali Residence RT 44, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru dan dirikan oleh seorang perempuan bernama Wilia Wardayanti, S.Pi. Latar belakang ber- dirinya TBM ini berawal dari penglihatan Warda, demikian ia biasa dipanggil, terhadap kurangnya pemahaman masyarakat terhadap budaya literasi. Ia melihat kebanyakan anak-anak mengurung diri di rumah dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain gawai. Sejak TBM Ilham hadir, anak- anak didiknya cenderung datang lebih cepat untuk membaca buku sebelum waktu belajar dimulai.

Adapun tujuan didirikannya taman baca ini adalah untuk menyediakan sumber informasi yang cepat, tepat, dan murah bagi masyarakat terutama anak anak tentang semua hal yang relevan dan berguna bagi semua kalangan masyarakat, untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar terutama pada kegiatan story telling dan mendongeng di kelas, dan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat umum dalam memperoleh bahan bacaan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan budi pekerti.

Selain itu, TBM Ilham memiliki visi sebagai pusat informasi, wisata pendidikan, dan sentra pemberdayaan masyarakat dan misi membangun tradisi baca dan budaya literasi yang asyik dan menyenangkan sebagai sarana pembentukan karakter anak- anak usia sekolah. Dengan adanya visi dan misi tersebut, pendiri berharap masyarakat memiliki kesadaran yang lebih tentang budaya literasi. Literasi dapat membentuk kepribadian seseorang menjadi lebih baik selain memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas.

Berikut adalah struktur kepengurusan TBM Ilham.

Pelindung          : Ketua RT 44 Kenali Asam Bawah

Penasehat         : Ketua Yayasan Ilham Hasibuan Jambi

Ketua                 : Wilia Wardayanti, S.Pi.

Wakil ketua        : Sintia Mailinda

Sekretaris          : Sekar Setya V.

Bendahara         : Iim Haryati, S.P.

Anggota             : Kartika Sari Lubis Kurnia