Landasan dasar bagi anak usia dini untuk dapat mengeksplorasi rasa dan imajinasinya dalam berkreativitas adalah dukungan keluarga. Selain itu, faktor lingkungan juga ikut berperan men- ciptakan generasi yang kreatif, inovatif, dan berkarakter baik melalui kegiatan literasi dasar yang dikemas dengan baik dan menarik. Rumah Stori Ceria merupakan salah satu wadah yang siap berkolaborasi dalam pengembangan literasi dasar untuk anak-anak terutama anak usia dini di Kota Jambi.

Perkenalkan, saya Rizka Dwi Astuti, biasa dipanggil Kak Rizka. Saya adalah pendiri Rumah Stori Ceria. Saya adalah seorang mentor baca-tulis untuk anak usia dini dan seorang guru di salah satu Taman Kanak-Kanak di Kota Jambi. Menjadi mentor baca-tulis sudah saya geluti sejak tahun 2011. Bercengkrama dengan anak-anak merupakan salah satu kegemaran saya.

Seiring perjalanan waktu, teknologi pun semakin berkem- bang. Proses kegiatan baca-tulis dan bercerita semakin mudah diperoleh melalui berbagai program aplikasi.  Namun,  efek yang kemudian muncul adalah semakin berkurangnya minat baca anak-anak terhadap buku. Hal itu diperparah dengan kon- disi pandemi Covid-19. Para orang tua anak didik saya menye- salkan semua hal tersebut. Mereka pun meminta saya untuk tetap melakukan pembimbingan agar anak-anak mereka bisa mengalihkan kembali perhatian pada buku.

Pada bulan Desember tahun 2020, akhirnya saya mem- beranikan diri untuk mendirikan sebuah rumah baca sederhana, namun tetap nyaman bagi anak-anak. Rumah baca tersebut saya beri nama Rumah Stori Ceria, berdiri di teras rumah saya yang beralamat di Jalan S.K. Rd. Syahbudin, Kompleks Kehutanan RT 08 Blok B Nomor 3, Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Sebagai wadah pengembangan literasi dasar, Rumah Stori Ceria memiliki visi, misi, dan tujuan. Visi Rumah Stori Ceria adalah mewujudkan generasi berkarakter baik yang memiliki perilaku gemar membaca sejak usia dini. Misi Rumah Stori Ceria adalah mengumpulkan berbagai referensi terutama bacaan un- tuk anak usia dini sebagai bahan bacaan, mendirikan sudut baca sederhana dan nyaman, menyediakan permainan edukatif yang menarik dan menyenangkan, membiasakan bercerita dan mendongeng sambil membaca buku maupun menggunakan alat peraga, membantu anak usia dini untuk mulai mengenal baca- tulis dengan metode yang mengasyikkan dan menyenangkan, dan mengajak sekaligus membiasakan anak-anak untuk berbagi dengan sesama dalam bentuk apa pun sedangkan tujuan dari Rumah Stori Ceria adalah menumbuhkan minat membaca se- hingga menjadi kegemaran dan mengutamakan kebahagian anak dalam aktivitas bermain sambil belajar.

Program utama Rumah Stori Ceria adalah Serbu  Dong yang merupakan akronim dari Stori Ceria Ramah Buku dan Dongeng. Pada program ini, saya ingin melihat terjalinnya kerja sama antara kakak pendamping atau guru, anak, dan orangtua. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan minat literasi dasar pada anak sejak dini, menumbuhkan rasa cinta anak terhadap buku, membiasakan anak untuk gemar membaca buku dan bercerita, mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak, memperkuat nilai karakter baik pada anak, dan mempererat hubungan antara kakak pendamping atau guru dengan anak didiknya di komunitas dan hubungan antara anak dan orang tua di rumah.

Dalam menjalankan programnya, Rumah Stori Ceria berkolaborasi dengan beberapa pihak, di antaranya dengan Kampung Dongeng Seloko Jambi dalam kegiatan bercerita dan mendongeng, Rainbow Kids dalam bimbingan belajar baca- tulis, beberapa komunitas sosial dan kemanusian lainnya dalam kegiatan berbagi buku cerita, serta dukungan dari Kantor Bahasa Provinsi Jambi.