Pondok Baca Asri merupakan sebuah komunitas belajar dan membaca yang awalnya diprakarsai oleh Unit Kegiatan Maha- siswa Riset dan Penalaran Exist Universitas Jambi bekerja sama dengan pemerintah desa Mendalo Indah dalam rangka mem- bangun minat belajar dan membaca bagi anak-anak dan remaja. Komunitas ini berdiri tanggal 26 April 2016 dan diketuai oleh Aisyah Hambali, mahasiswa Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi. Sedangkan aparatur desa berperan sebagai pendamping dan penasihat.

Sejak awal berdiri, program utama di komunitas ini adalah belajar dan membaca dengan konsep pembelajaran yang efisien dengan membagi kelompok belajar sesuai tingkatan kelas di sekolah reguler (SD dan SMP). Tenaga pendidiknya merupakan para mahasiswa dari UKM Exist Universitas Jambi. Program ini dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 16.00—17.30 WIB.

Anak-anak di kelompok kelas 1—3 SD dilatih menulis dan membaca secara rutin untuk membentuk kebiasaan. Anak-anak di kelompok kelas 4—6 SD diajarkan materi-materi dasar ilmu pengetahuan agar mereka terlatih berpikir inovatif dan kreatif. Sedangkan anak-anak di kelompok kelas 1—3 SMP diajarkan berbagai ilmu pengetahuan umum lanjutan agar materi-materi yang tidak disampaikan di sekolah reguler lebih dapat dipahami dan dimengerti.

Setelah proses pembelajaran, para pendidik melakukan evaluasi dan pemberian tugas. Hal itu dilakukan untuk menge- tahui pemahaman anak didik atas pembelajaran yang telah diterima dan sebagai pertimbangan bagi para pendidik untuk lebih fokus dalam memberikan pembelajaran kepada anak didik. Apabila banyak dari anak didik yang kurang memahami materi, maka pengulangan materi akan dilakukan pada pertemuan selanjutnya. Pada sesi akhir pertemuan, biasa diadakan kegiatan penutup berupa makan bersama dan evaluasi keseluruhan ma- teri yang diberikan pendidik kepada anak-anak. Biasanya ke- giatan penutup seperti ini ini dilaksanakan ketika mendekati bulan Ramadan.

Program kegiatan lain yang rutin dilaksanakan adalah ber- main sambil belajar dengan tujuan untuk melatih daya pikir yang lebih inovatif dan kreatif. Kegiatan lainnya meliputi permainan tradisional, prakarya, dan permainan asah otak lainnya.

Struktur kepengurusan di komunitas ini terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi bidang baca dan belajar. Pergantian pengurus tergantung masa jabatan para mahasiswa tersebut di UKM Riset dan Penalaran Exist Univer- sitas Jambi sehingga pembenahan dan evaluasi kinerja pengurus periode sebelumnya dapat diperbaiki di periode berikutnya.

Sekretariat Pondok Baca Asri saat ini ada di Dusun Kampus 1 RT 04, Desa Mendalo Indah, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.