Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 yang lalu telah meng- hentikan hampir semua aktivitas masyarakat di hampir semua sektor. Salah satu sektor yang paling terkena dampaknya adalah sektor pendidikan. Bisa dikatakan, sektor pendidikan terkena dampak yang cukup parah. Semua aktivitas pendidikan terutama belajar mengajar harus dihentikan. Penghentian aktivitas belajar mengajar tersebut sesuai instruksi dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kota Jambi.

Akibat yang muncul kemudian adalah semua pemelajar, mulai yang ada di satuan pendidikan dasar hingga tinggi harus rela ‘dirumahkan’ sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Tempat-tempat pendidikan menjadi sepi, semua tenaga pendidik diliburkan, dan sarana prasarana sekolah menjadi terbengkalai. Tentu saja hal itu memantik kegelisahan bagi banyak orang tidak terkecuali bagi kami di Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi.

Trah Literasi. Nama untuk komunitas yang kami dirikan. Trah Literasi lahir dari kegelisahan karena pendidikan yang terkebiri Covid-19. Bukan itu saja. Trah Literasi lahir karena kegelisahan atas fenomena yang terus tumbuh di masyarakat: anak-anak gandrung bermain gadget. Gadget telah merampas waktu bermain mereka. Belum lagi kontrol yang kurang dari orang tua. Hal itu berpotensi mengarah ke hal-hal yang negatif jika dibiarkan.

Komunitas ini dikelola secara gotong royong yang dikoor- dinasi oleh pengurus. Fokus dari komunitas ini adalah di bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat dalam mengam- panyekan peningkatan budaya membaca dan menulis. Selain itu, tujuan dari komunitas ini adalah sebagai wahana alternatif dalam memberikan edukasi yang ramah bagi masyarakat dan sebagai tempat mengasah minat dan bakat anak dan remaja dalam baca-tulis.

Trah Literasi memiliki visi “Terwujudnya Generasi Cerdas dan Berkarakter”. Sedangkan misinya adalah: mewujudkan gene- rasi yang cerdas dan berkarakter, mewujudkan budaya literasi yang kuat, mewujudkan generasi yang memahami nilai kearifan budaya lokal, mewujudkan generasi yang berdikari, mewujudkan generasi yang percaya diri, dan mendorong partisipasi publik dalam pemajuan literasi masyarakat.

Sebagai komunitas, Trah Literasi berdiri pada tanggal 17 Agustus 2021. Kami sengaja memilih momen pendirian di hari kemerdekaan agar keberadaan komunitas ini lebih mudah di- ingat serta melekat dengan ingatan kolektif, terutama para ang- gota dan masyarakat sekitar. Alamat komunitas saat ini berada di Perumahan Aston Villa Blok R No. 24, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi.

Pada awalnya, komunitas ini berisi anak-anak kompleks perumahan yang sering berkumpul dan bermain bersama se- pulang sekolah. Sementara itu, di hari libur biasanya mereka gunakan hanya untuk bermain. Namun, sejak hadirnya Trah Literasi, mereka sudah punya tempat untuk belajar selain mereka gunakan juga untuk bermain. Untuk saat ini, kegiatan di komu- nitas ini dilakukan satu kali dalam satu minggu. Kegiatan dimulai pukul 9.00 s.d. 11.00 WIB. Pola kegiatan dibuat semenarik mungkin dengan bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi para anggota. Beberapa bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu julo-julo literasi, bermain angka dan huruf, bermain audio- visual, dan prakarya.

Untuk materi kegiatan, selain materi pengetahuan umum, kami juga memberikan materi tentang budaya daerah. Hal itu bertujuan untuk mengenalkan budaya dan tradisi daerah Jambi kepada mereka sehingga diharapkan mereka lebih mengenal adat dan budaya mereka. Selain itu, di setiap pertemuan, masing- masing anggota diberi kesempatan untuk memilih ketua kelas. Ketua kelas terpilih nantinya bertanggung jawab untuk meng- arahkan anggota agar tetap tertib selama kegiatan berlangsung dan memberi contoh yang baik bagi anggota yang lain. Hal ini bertujuan untuk menanamkan nilai tanggung jawab dan nilai kejujuran bagi setiap anggota.

Trah Literasi tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk terus berusaha menambah  koleksi  buku-buku, dan membuat kegiatan-kegiatan yang menarik agar tetap bisa berkontribusi bagi dunia literasi secara umum dan memberi dampak positif bagi masyarakat luas. Bagi yang ingin melihat aktivitas kami, bisa melalui instagram @trahliterasi.id, youtube @Trah Literasi, blog www.trahliterasi.blogspot.com, posel trahliterasi@gmail.com, dan nomor ponsel 081363491328.